Buka Raker DPRD Medan, Hasyim Ingatkan Tetap Patuhi Prokes

Buka Raker DPRD Medan, Hasyim Ingatkan Tetap Patuhi Prokes

topmetro.news Ketua DPRD Medan, Hasyim SE menerangkan, tahun 2021 merupakan pemulihan ekonomi nasional sekaligus upaya untuk bangkit bersama dari pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu ia sampaikan  saat membuka Rapat Kerja DPRD Medan di Grand Mutiara Berastagi Kabupaten Tanah Karo, yang berlangsung sejak Minggu (7/11/2021) hingga Selasa (11/11) mendatang.

“Gelombang pandemi sudah menghantam sendi perekonomian hampir di seluruh dunia. Banyak pelaku usaha yang gulung tikar dan tidak sedikit karyawan yang terpaksa dirumahkan. Banyak pula perkantoran yang memberlakukan sistem kerja work from home. Namun, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Kuasa, karena pandemi mulai melandai,” ungkap Hasyim saat berhadapan dengan Walikota Medan, Bobby A Nasution dan seluruh anggota DPRD Medan lainnya.

Ia mengingatkan seluruh masyarakat Kota Medan untuk tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), menerapkan pola hidup sehat serta mengikuti vaksinasi guna melindungi segenap warga dari penyebaran wabah Covid 19. Ia juga berharap agar PPKM semakin turun level sehingga aktivitas ekonomi semakin menggeliat dan perekonomian dapat pulih.

“Kita sangat berharap Kota Medan mampu bangkit berbenah melaksanakan pembangunan di berbagai bidang,” ajaknya.

Ia juga mengajak, kendati pandemi masih belum menunjukkan tanda akan berakhir. Namun masyarakat harus beradaptasi hidup di situasi new normal. Ia meminta semua pihak dapat bangkit bersinergi guna melaksanakan pembangunan dan pelayanan publik. Agar Kota Medan dapat berkembang maju dan berdaya saing global.

Menyinggung pelaksanaan raker, kata Hasyim, bukanlah kegiatan rutinitas tahunan belaka. Namun akan berfokus pada upaya merumuskan berbagai langkah strategi untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19 yang telah berjalan selama hampir dua tahun.

Harapan

Raker juga harapannya menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antara DPRD Kota Medan dengan Pemko Medan dalam perencanaan pembangunan, penganggaran dan pengawasannya.

“Sudah menjadi tugas bersama untuk mengawal dari sisi penganggaran, pengawasan dan pembentukan Perda. Untuk mendukung keberhasilan visi misi Kota Medan,” paparnya.

Selaku selaku fungsi penganggaran, ia berharap, mampu melahirkan anggaran yang menjawab kebutuhan masa depan Kota Medan. Sedangkan fungsi pembentukan Perda harapannya mampu merumuskan Ranperda yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat dan menjawab tuntutan perubahan zaman.

Sementara itu, Walikota Medan Bobby Afif Nasution juga berharap agar kedepannya kolaborasi Pemko Medan dan DPRD Medan semakin meningkat. Guna capaian peningkatan pembangunan di Kota Medan.

Bobby Nasution meminta DPRD Medan dapat membantu mengajak masyarakat kostituen masing-masing menjalankan visi misi 5 program prioritas pembangunan. Juga 2 program penunjang menuju Kota Medan berkah dan kondusif.

Lanjut Bobby Nasution pada pidatonya menyampaikan keinginannya menjadikan Kota Medan menuju Metropolitan seperti negara tetangga. Untuk itu Bobby meminta dukungan dari seluruh kalangan DPRD Medan.

Sementara itu Ketua Pelaksana Raker yang juga Plt Sekwan DPRD Medan Hj Alida SH menyampaikan penyelenggaraan Rapat Kerja DPRD Kota Medan Tahun 2021 ini berlangsung atas dasar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Tujuan Rapat Kerja DPRD Untuk menghasilkan kesepakatan Rencana Kinerja DPRD Kota Medan Tahun 2022. Untuk disampaikan kepada Sekretariat DPRD dan dilakukan penyelarasan dengan anggaran.

Turut hadir selaku nara sumber Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mukjizat S.Sos, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr Rozi Benni, BPK RI Iwan Iswanto.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment